Welcome

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di blog saya
Powered By Blogger

Rabu, 25 Agustus 2010

Penyelamatan Lingkungan melalui Pertanian.

                                                                             

Di era reformasi saat ini, perubahan lingkugan sering terjadi khususnya pada perubahan cuaca. Hal ini mungkin disebabkan akibat semakin berkurangnya jumlah tumbuhan di bumi disebabkan penebangan hutan secara liar tanpa memperhatikan proses tebang pilih dan penanaman tumbuhan baru. Akibat penebangan liar itulah, hampir di setiap daerah sering mengalami banjir, longsor akibat pergeseran lapisan tanah, erosi, kebakaran, global warming, kerusakan-kerusakan struktur tanah, polusi air, pencemaran lingkungan akibat penggunaan pupuk dan pestisida buatan pabrik menghasilkan produk-produk pertaniannya mengandung racun.
Hal ini dapat mengakibatkan kesehatan manusia (konsumen) terancam. Berbagai penyakit yang dite-ngarai sebagai akibat penggunaan pupuk dan pestisida pabrik adalah munculnya penyakit-penyakit baru yang dulu tidak ada, misalnya kanker, bayi lahir mati (infant mortality) atau lahir cacat, dlsb. Kenyataan ini memicu kesadaran orang untuk mencari alternatif pangan yang lebih sehat. Pertanian lestari menjadi pilihan utama dan muncul sebagai gerakan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) pada awal 1990-an.
Sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran oleh Allah SWT seharusnya menyadari akan pentingnya tumbuhan bagi manusia dan makhluk lainnya. Karena tumbuhan merupakan salah satu produk penyedia udara yang alami dan sangat penting dalam proses kehidupan.




Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk mengolah dan mengelola lingkungan hidup agar berguna bagi masyarakat dengan cara mengadakan praktek-praktek usaha tani, penggunaan bahan-bahan kimia (pupuk dan pestisida) dikurangi, kembali ke cara-cara tradisional yang menghargai potensi lokal, menempatkan petani sebagai subyek pertanian, mengelola usaha tani sesuai dengan budaya dan lingkungan setempat, serta mengupaya-kan perdagangan yang adil (fair trade). 
Insya Allah dengan didasari dengan niat dan usaha, mudah-mudahan usaha kita mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.

5 komentar: